5 Aplikasi Foto yang Bikin Instagram Makin Aesthetic

Aplikasi foto memang sangat dibutuhkan saat ini. Mengabadikan momen atau suatu kondisi memang perlu untuk dikenang dengan melalui foto. Membagikan momen melalui aplikasi media sosial seperti instagram sangat penting untuk anak zaman sekarang.

Instagram itu platform media sosial yang sangat dibutuhkan, baik untuk branding diri sendiri maupun untuk keperluan lainnya. Apalagi fitur dan efek dari instagram sekarang mulai canggih, dan sangat digemari oleh anak muda terutama untuk strategi marketing.

Aplikasi Foto yang wajib dimiliki

Nah, supaya lebih aesthetic lagi dan pastinya mendapatkan engagement lebih banyak lagi maka kalian bisa menggunakan edit foto berikut ini:

  • VSCO
    Salah satu yang harus dimiliki yakni VSCO. VSCO ini merupakan edit foto yang memberikan pilihan filter yang unik, elegan, dan lebih menarik, serta tidak dapat diperoleh di lainnya. VSCO ini dapat digunakan di perangkat iOS maupun Android.

    Sekarang, fitur editing yang ditawarkan VSCO sudah jauh lebih lengkap. VSCO menyebut fitur editing videonya ini dengan istilah Montage, dan sesuai makna harfiahnya, pengguna dipersilakan menggabungkan banyak klip menjadi satu video yang utuh. Tumpukan video dan foto ini diatur dengan sistem layer. Selain untuk mengedit foto, VSCO juga dapat digunakan untuk mengedit video, meski fungsinya tidak lebih dari sebatas menambatkan filter retro.
Photo Editing Tips with VSCO Cam Application to Looks Pretty on Instagram  by Using Camera Handphone - One Taste Millions Story

Namun semuanya berubah sejak mereka mengakuisisi Rylo pada akhir tahun kemarin. Sekarang, fitur editing yang ditawarkan VSCO sudah jauh lebih lengkap. VSCO menyebut fitur editing videonya ini dengan istilah Montage, dan sesuai makna harfiahnya, pengguna dipersilakan menggabungkan banyak klip (atau foto) menjadi satu video yang utuh. Tumpukan video dan foto ini diatur dengan sistem layer.

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Dalam satu layer yang sama, pengguna dapat menyematkan lebih dari satu foto atau video, dan ini berarti pembuatan kolase video pun juga dimungkinkan (empat klip video yang diputar di satu bingkai yang sama tentu akan terlihat keren). VSCO juga tidak membatasi jumlah layer yang dipakai dalam satu video Montage. Durasi videonya pun tidak dibatasi. Namun jika pengguna hendak mengunggah hasilnya ke platform VSCO sendiri, maka durasi videonya tak boleh lebih dari dua menit. Ke depannya, VSCO berjanji untuk menghadirkan lebih banyak lagi tool untuk berkreasi menggunakan Montage.

  • Snapseed
    Snapseed ini sangat populer untuk edit foto. Secara garis besar, mode edit gambar di Snapseed terdiri dari 2 bagian yakni menggunakan Tools atau langsung dengan beragam kategori Filter yang disediakan.

    Untuk Tools, ada beberapa kategori seperti Tune Image, Details, Crop, Perspective, Rotate, White Balance dan lain sebagainya. Sedangkan untuk Filter dibagi menjadi efek Lens Blur, Tonal Contrast, Drama atau lain sebagainya.
Aplikasi foto Snapseed

Kalian juga bisa atur sendiri pencahayaan yang menurut Anda baik dengan bantuan tools brightness, contrast, highlights dan shadows. Kemudian, Anda bisa atur juga tingkat ketajaman warna dengan tools saturation, semakin ke kanan maka warnanya akan lebih pekat dan sebaliknya. Jika Anda ingin memberikan nuansa yang lebih, Anda bisa gunakan tools warmth yang dapat membuat foto menjadi lebih berwarna senja ataupun kebiruan.

White Balance Memperbaiki white balance merupakan salah satu fokus utama sebagian orang dalam menyunting foto. Sebab, kamera seringkali salah dalam menangkap cahaya yang menyebabkan warna menjadi terlihat aneh. Dengan fitur ini, Anda bisa berkreasi dan menyesuaikan warna yang lebih natural dan terlihat lebih hidup.

Aplikasi Foto Snapseed

Selain itu Tune image berisi peralatan untuk mengatur pencahayaan dasar pada foto. Mulai dari brightness, saturation, contrast, sampai warmth. Fitur ini bisa digunakan untuk lebih menyesuaikan selera Anda jika filter atau setelan otomatis dirasa kurang.

  • Lightroom
    Edit foto menggunakan lightroom versi yang lebih ringan dari Photoshop, tetapi tetap mempertahankan tingkat profesional yang sama. Lightroom mencakup sebagian besar perangkat manipulasi gambar yang kamu butuhkan. Fungsi dasarnya untuk cropping, white balance, exposure, histogram, tonal curves, sharpening, noise reduction, vibration, saturation, dan fitur penyesuaian lainnya yang berbasis penyuntingan gambar.
Aplikasi Foto Lightroom
  • Canva
    Canva merupakan edit gambar yang populer untuk saat ini karena gratis dan banyak fitur yang mendukung untuk memperbagus gambar. Canva menyodorkan begitu banyak desain yang bisa dibuat dengan mudah. Konten media sosial, surat resmi, dokumen, kartu ucapan, kolase foto, kalender, perencanaan, buku tahunan, lembar kerja, logo, poster, kartu nama, brosur, dan undangan pernikahan.

    Fitur dari Canva template siap pakai, icon serta ilustrasi, memori penyimpanan 1 Gb, Text, Background, Animasi, Duplikasi, dan Filter.
Aplikasi foto canva
  • Afterlight
    Afterlight memiliki tampilan yang sederhana untuk mengedit foto dengan cepat dan fitur lengkap. Coba gunakan Afterlight yang memiliki desain yang sederhana dan fitur yang lengkap. Afterlight Collective, Inc yang sering menduduki top chart aplikasi Photo & Video di App Store ini dapat kamu undah dengan harga Rp 12 ribu.

    Dalam laman google play, Afterlight dijelaskan memiliki 15 adjusment tools untuk melakukan editing foto pada perangkat Android. Terdapat banyak filter yang juga dapat Anda gunakan yaitu 27 filter bawaan, 14 filter dari pengguna instagram, dan filter baru berjumlah 18 jenis dengan total 59 filter.

    Fitur pemberian textures atau efek seperti cahaya matahari yang terang, garis lurus dengan warna neon, efek foto classic dan banyak lagi dapat digunakan dengan jumlah 66 textures. Tidak cukup dengan fitur diatas, Afterlight juga menghadirkan fitur memberi frames atau bingkai foto yang menarik.
Aplikasi foto afterlight

Baca juga: Bulog menyiapkan untuk Bansos Masyarakat