Bagaimana Cara Memandikan Bayi Baru Lahir? Tidak Bisa Asal-asalan

Langkah memandikan bayi perlu dilaksanakan dengan beberapa langkah yang betul. Masalahnya badan bayi yang baruh lahir benar-benar kurang kuat ketahanan badannya pada kuman. Disamping itu, pengurangan temperatur badan karena kedinginan akan mengusik kerja organ badan bayi, khususnya jantung.

Oleh karenanya, jika badan bayi bisa dibikin bersih dengan diusap lap hangat karena itu hal tersebut lebih bagus. Ini dilaksanakan untuk menghindar kedinginan pada bayi. Tetapi, jika bayi terlihat berkeringat, basah terserang gumoh atau curahan susu, sebaiknya selekasnya kamu mandikan.

Ini berlaku jika bayi banyak disentuh oleh beberapa orang yang bertandang. Tentu saja tidak ada agunan tangan rekan atau famili yang bertandang telah bersih. Bayi baru lahir benar-benar kurang kuat ketahanan badannya pada kuman.

Langkah memandikan bayi yang betul harus dijumpai oleh tiap orangtua. Dimulai dari beragam penyiapan sebelum mandi, sampai beberapa langkah saat memandikan Sang Kecil harus dimengerti oleh orangtua, supaya bayi selalu bersih dan terbangun kesehatannya. Berikut Liputan6.com kumpulkan dari KlikDokter, Jumat (10/9/2021) mengenai langkah memandikan bayi.

Penyiapan Saat sebelum Memandikan Bayi

Langkah memandikan bayi yang betul harus ikuti proses dimulai dari menyiapkan beragam peralatan, tempat, dan penyiapan-persiapan yang lain. Kamu harus memerhatikan lokasi, temperatur ruang, jumlah air, lama mandi, dan selalu memantaunya.

Berikut penyiapan sebelum mengaplikasikan langkah memandikan bayi yang perlu kamu turuti:

Siapkan semua peralatan

Penyiapan sebelum langkah memandikan bayi yang terpenting jadi perhatian ialah mempersiapkan semua alat dan keperluan untuk mandi. Mengumpulkan semua alat yang diperlukan, selanjutnya tempatkan seluruh keperluan mandi dalam capaian kamu. Ini akan mempermudah dan membuat kamu tak perlu tinggalkan bayi.

Beberapa alat yang diperlukan, salah satunya bak mandi, air hangat dalam baskom, perlak, lap mandi (washlap), sabun, handuk, kapas, popok baru, pakaian dan celana alternatif, dan topi. Bedong bayi perlu dipersiapkan, tapi pastikanlah kamu ketahui langkah membedong bayi yang betul.

Lokasi dan temperatur ruang

Lokasi memandikan bayi penting juga jadi perhatian. Tentukan lokasi ternyaman, yakni di tempat yang tidak licin. Ini penting jadi perhatian karena jika lantai licin, ini akan beresiko saat kamu mengusung bayi dari bak. Badan bayi baru lahir benar-benar licin saat basah, dan kamu harus benar-benar konstan saat menggenggamnya . Maka, injakan kaki kamu jangan licin.

Disamping itu, siapkan temperatur ruang saat sebelum buka pakaian bayi. Bayi baru lahir akan cepat berasa kedinginan. Jika kamu memakai pendingin ruang, matikan dalam saat yang lumayan lama saat sebelum pakaian bayi dibuka.

Temperatur dan Jumlah air

Penyiapan sebelum langkah memandikan bayi setelah itu memerhatikan temperatur air dan banyaknya. Air yang dipakai harus hangat, tidak boleh pakai air temperatur ruang (air biasa) atau air yang panas. Jika mempunyai pengukuran temperatur, karena itu temperatur 32 derajat Celsius disebutkan cocok untuk bayi. Kamu bisa juga merasainya sendiri dengan lipatan samping dalam pergelangan. Bila berasa panas, campur sama air dingin supaya temperaturnya lebih pas.

Disamping itu, lihat jumlah atau volume air. Air tak perlu memendam semua badan bayi saat mandi, hanya cukup sekitaran ketinggian 2-3 inch. Ini untuk menahan pusar bayi yang belum lepas tergenang air kelamaan. Disamping itu, air yang kebanyakan beresiko masuk ke aliran pernafasan bayi, misalkan saat pegangan kamu lepas atau bayi terguling.

Lamanya proses mandi

Proses memandikan bayi baru lahir tak perlu kelamaan. Lima menit telah cukup buat memandikan bayi. Hal yang paling penting, semua tempat khususnya lipatan badan telah dibikin bersih. Makin lama kamu memandikan bayi karena itu temperatur air dalam bak mandi akan makin sedikit. Disamping itu, karena bayi pada kondisi belum tertutup baju, dia akan cepat alami kedinginan.

Tidak boleh meninggalkan bayi dari pemantauan

Penyiapan sebelum langkah memandikan bayi yang tidak kalah penting ialah selalu memantaunya. Walau air dalam bak terlihat dangkal dan bayi kelihatan tenang dalam bak, kamu benar-benar tidak dianjurkan tinggalkan bayi. Bayi baru lahir belum berkekuatan otot untuk gerakkan tangan, kaki, apa lagi badannya . Maka, kamu harus menghindar segalanya yang tidak diharap. Sekalinya cuman sesaat, kamu seharusnya tidak tinggalkan bayi. Penyiapan sebelum langkah memandikan bayi penting dituntaskan saat sebelum memandikan Sang Bayi.

Langkah Memandikan Bayi Baru Lahir yang Betul

Perawat memandikan seorang bayi saat aktivitas training di RSIA Tambak, Jakarta, Kamis (18/02/2021). Latih beberapa ibu baru untuk memandikan bayi pertama itu dilaksanakan dengan mengaplikasikan prosedur kesehatan ketat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Sesudah lakukan beragam penyiapan secara benar, kamu dapat selekasnya memandikan bayi. Beberapa langkah memandikan bayi ini harus dilaksanakan secara tepat dan waspada. Berikut langkah memandikan bayi baru lahir yang harus dijumpai orangtua.

  1. Saat temperatur ruang, air, dan peralatan mandi sudah siap, membuka pakaian bayi secara perlahan-lahan.
  2. Angkat bayi dengan berhati-hati, selanjutnya baringkan dalam bak mandi. Sepanjang dibaringkan dalam bak mandi, tangan kiri kamu dilebarkan untuk meredam kepala, leher, dan punggung bayi sekalian. Ujung jari-jari dikepitkan di ketiak kiri bayi, dengan demikian tangan kamu akan oke memegang segi badan bayi. Yakinkan pegangan kamu kuat karena badan bayi akan licin saat basah.
  3. Dengan tangan kanan, gosokkan sabun dan gosok badan bayi dengan perlahan-lahan. Membersihkan semua tempat badan bayi khususnya lipatan badan seperti leher, ketiak, selangkangan, dan lipatan lutut.
  4. Bersihkan busa sabun sama air hangat secara perlahan-lahan. Berhati-hati janganlah sampai air masuk ke mata, hidung, atau mulut bayi.
  5. Saat busa telah dibikin bersih, angkat bayi dengan berhati-hati dan keringkan di atas handuk dengan selekasnya untuk menahan kedinginan.
  6. Kemudian kamu bisa memasang popok, pakaian, celana, dan topi bayi. Kamu dapat memasangkan bedong bayi tanpa memaksa untuk melempengkan tangan atau kaki bayi. Bedong bayi secara kendur, tidak boleh terlampau ketat.
  7. Beberapa langkah memandikan bayi di atas ditujukan untuk orang yang memakai tangan kanan secara menguasai. Untuk kamu yang memakai tangan kiri secara menguasai, karena itu tinggal membaliknya.

Kadang, saat dimandikan bayi akan berasa tidak nyaman dan menangis sepanjang kamu memandikannya. Bila ini terjadi kamu dapat memandikan bayi secara cepat supaya tidak memperlama rasa ketidaknyamannya, tentu saja masih tetap dengan waspada. Bayi yang menangis saat dibuka pakaian dan dimandikan kemungkinan karena dia baru lahir dan masih terlatih pada keadaan kandungan ibunya yang hangat. Namun, ini normal terjadi dan seiring waktu berjalan, bayi akan menyesuaikan dan makin nyaman saat mandi.

Ikuti langkah memandikan bayi baru lahir yang betul secara baik dan waspada. Penyiapan yang masak akan membuat kamu lebih siap melakukan. Sesudah terlatih, nanti kamu semakin lebih tenang melakukan.

Leave a Reply