3 Minuman Untuk Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan butuh perjuangan ekstra bagi yang sedang melakukannya. Beragam langkah dilaksanakan oleh beberapa orang untuk menghindar keadaan berat badan yang berlebih atau kegemukan. Ini karena kegemukan menjadi penyebab beragam masalah kesehatan. Dimulai dari masalah tidur, resiko penyakit jantung, diabetes, sampai pengurangan rasa optimis seorang. Teratur olahraga sampai skema makan sehat jadi cara-cara yang dapat dilaksanakan.

Tetapi bukan hanya dari makanan saja, rupanya kamu bisa juga turunkan berat tubuh dengan konsumsi beberapa macam minuman sehat. Opsi tipe minuman yang kamu konsumsi sepanjang turunkan berat tubuh tentu saja akan mempengaruhi proses ini. Karena itu, kenali beberapa macam minuman yang dapat menolong kamu pada saat proses menurunkan berat tubuh.

Berikut ini minuman yang sangat cocok untuk Menurunkan Berat Badan yakni:

  • Air Putih
    Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesity menemukan, bahwa minum 2 cangkir air putih sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan, dengan cara membantu Anda makan lebih sedikit kalori. Faktanya, para peneliti menemukan bahwa mereka yang minum air putih sebelum makan, akhirnya kehilangan 2 kilogram lebih banyak selama 12 minggu, dibandingkan dengan mereka yang makan tanpa diminta untuk minum air putih sebelumnya. Seperti yang dikatakan Davis, cara terbaik minum air untuk membantu Anda menurunkan berat badan adalah dengan mengganti minuman lain yang berkalori lebih tinggi, seperti kopi, milk tea, atau minuman beralkohol dengan air putih.

    Pada wanita gemuk membuktikan bahwa air putih dapat membantu menurunkan berat badan lebih banyak. Penelitian dari Stookey dilakukan dengan meningkatkan asupan air putih lebih dari 1 liter per hari selama 12 bulan. Hasilnya, penurunan berat badan bertambah sebesar 2 kg. Penelitian tersebut diperkuat oleh penelitian yang menunjukkan bahwa minum 0,5 liter air putih dapat membakar kalori tambahan sebesar 23 kalori. Beberapa penelitian lainnya yang dilakukan pada orang gemuk juga membuktikan bahwa minum 1-1,5 liter air putih setiap hari selama beberapa minggu dapat menurunkan berat badan, indeks massa tubuh (IMT), lingkar pinggang, dan lemak tubuh. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan berat badan dengan cara menghitung berat badan ideal.
3 Minuman Untuk Menurunkan Berat Badan dengan minum air putih
  • Teh Hijau
    Rutin konsumsi teh hijau disebut bisa membantu menurunkan berat badan. Maka dari itu, jenis minuman yang satu ini cocok bagi orang yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal. Namun tunggu dulu, nyatanya konsumsi teh hijau untuk menurunkan berat badan tidak boleh dilakukan secara asal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin mendapat manfaat dari teh hijau. Teh ini dipercaya dapat menurunkan berat badan asal dikonsumsi dengan cara yang tepat. Agar khasiatnya bisa didapat, hindari mencampurkan apapun ke dalam teh hijau yang akan diminum.

    Minum teh hijau telah terbukti menurunkan berat badan dan lemak tubuh dalam beberapa penelitian. Sebuah tinjauan dari 14 studi menemukan bahwa orang yang minum teh hijau konsentrasi tinggi selama 12 minggu kehilangan rata-rata 0,44 hingga 7,7 pon (0,2 hingga 3,5 kg) lebih banyak daripada mereka yang tidak minum teh hijau. Perlu dicatat bahwa manfaat ini terkait dengan profil teh hijau yang mengandung katekin dalam jumlah tinggi, antioksidan yang dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme. Matcha adalah jenis teh hijau yang mengandung jumlah katekin yang lebih tinggi daripada teh hijau daun longgar, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan.

Ingin Mengurangi Berat Badan dan Hidup Sehat? Bisa Coba Minum Teh Hijau  Ddengan Cara Ini!
  • Kopi
    Dilansir dari Men’s Health, penulis Bob Arnot, M.D., dalam bukunya ‘The Coffee Lover’s Diet’ (sekarang dikenal sebagai The Coffee Lover’s Bible) menulis manfaat dan sisi lain dari kopi. Minum tiga cangkir kopi sehari, tak hanya mencegah penyakit, tetapi juga membantu membakar lemak.

    “Jumlah minum kopi ini akan meningkatkan metabolisme dan fungsi kardiovaskular Anda, dan juga bisa memacu penurunan berat badan,” ujar dia. Tak hanya minum tiga cangkir kopi hitam sehari, Anda juga harus membatasi kalori maksimal 1.500 per hari. Kalori tersebut biasanya harus berasal dari protein tanpa lemak, biji-bijian, banyak buah dan sayuran.

    Sejumlah penelitian menunjukkan, tiga cangkir kopi setiap hari menawarkan manfaat kesehatan. Namun harus diingat, yang terbaik adalah kopi hitam saja. Tanpa krim. Tanpa gula maupun pemanis lainnya. Hal itu juga tidak berlaku bagi varian selain kopi hitam, seperti mocha latte macchiato dengan marshmallow atau camilan. Dan bukan kopi instan maupun botolan yang sekarang banyak dijual.
3 Minuman Untuk Menurunkan Berat Badan minum kopi

Baca Juga: Bulog Menyiapkan Beras Untuk Bansos